Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Facebook, Instagram, Snapchat, Hingga TikTok Dituduh Merusak Mental Murid Sekolah

Sabtu, 03 Juni 2023 – 21:59 WIB
Facebook, Instagram, Snapchat, Hingga TikTok Dituduh Merusak Mental Murid Sekolah - JPNN.COM
Ilustrasi penggunaan media sosial. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Sekolah di Maryland, Amerika Serikat (AS) menggugat perusahaan Facebook, Instagram, Google, Snap, dan Tiktok yang dianggap telah merusak mental para murid.

Gugatan tersebut diajukan oleh Howard County Public School System (HCPSS) pada Kamis (1/6).

Gugatan HCPSS mengutip daftar fitur dari sejumlah media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, Snapchat, dan Tiktok.

Deretan media sosial itu dianggap membahayakan anak-anak seperti fitur for your page (FYP) pada Tiktok dan algoritma rekomendasi konten di Facebook dan Instagram.

Tuduhan lainnya ialah efek perbandingan sosial negatif dan tidak sehat dari konten pada sejumlah media sosial yang menyebabkan permasalahan pada mental dan fisik anak.

Selain itu, setiap aplikasi media sosial juga dianggap memiliki fitur kontrol orang tua dan keamanan konten yang buruk sehingga dituduh mempromosikan eksploitasi seksual anak.

Meta, Google, dan Snap menyangkal tuduhan tersebut, masing-masing mengeklaim mereka terus memblokir konten berbahaya dan melakukan penyaringan agar konten yang akan ditampilkan aman dilihat anak-anak.

Tidak hanya di Maryland, distrik sekolah di Florida, California, Pennsylvania, New Jersey, Alabama, Tennessee, negara bagian Washington, dan wilayah lain juga melayangkan gugatan serupa. (theverge/ant/jpnn)


Sekolah di Maryland, Amerika Serikat (AS) menggugat perusahaan Facebook, Instagram, Google, Snap, dan Tiktok yang dianggap telah merusak mental para murid.

Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close