Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fadli Zon Minta Israel Dikucilkan dari Pergaulan

Kamis, 11 Juni 2020 – 17:56 WIB
Fadli Zon Minta Israel Dikucilkan dari Pergaulan - JPNN.COM
Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Fadli Zon mewanti-wanti sejumlah dampak akibat rencana teranyar aneksasi Israel atas Tepi Barat Palestina.

Menurutnya, dampak mengerikan dari rencana aneksasi itu adalah meletusnya perang terbuka Palestina-Israel secara masif, solusi dua negara akan seperti ilusi, stabilitas kawasan dan global terancam, terlebih saat dunia menghadapi pandemi Covid-19.

“Akar masalahnya karena Israel tak mau tunduk terhadap norma dan hukum internasional mana pun, termasuk Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 242 yang menyerukan Israel menarik diri dari wilayah-wilayah yang diduduki dalam Perang enam hari tahun 1967,” kata Fadli, Kamis (11/6).

Seperti diketahui, Isu konflik Palestina-Israel kembali memanas. Pasalnya, pascakesepakatan koalisi Benyamin Netanyahu dan Jenderal Benny Gantz terbentuk, Israel berencana aneksasi sebagian wilayah Palestina di Tepi Barat. Komunitas internasional mengecam langkah tersebut, termasuk Otoritas Palestina (PA) dan Hamas.

Fadli yang juga anggota Komisi I DPR ini mendesak PBB, OKI, dan masyarakat internasional lainnya segera mengambil langkah yang diperlukan. Dia juga meminta Konferensi Tingkat Menteri Luar Biasa OKI yang diselenggarakan secara daring baru-baru ini benar-benar menghasilkan langkah-langkah konkret untuk mencegah aneksasi Israel itu.

“Boikot Israel dan mengisolasinya dari pergaulan internasional bisa menjadi pilihan,” tegas Fadli.

Ia menuturkan aneksasi ilegal tersebut lantaran Israel meyakini tak akan ada sanksi apa pun atas langkahnya itu termasuk dari Dewan Keamanan PBB. Menurut dia, lebih dari tujuh dekade Israel kerap melanggar norma dan hukum internasional.

Mereka tidak jera karena tak ada sanksi konkret apa pun. Apalagi sekarang dunia sibuk dengan pandemi corona.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Fadli Zon mewanti-wanti sejumlah dampak akibat rencana teranyar aneksasi Israel atas Tepi Barat Palestina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close