Alexa Analytics

Fakhri Husaini: Ada Dua Kezaliman di Sepak Bola

Selasa, 11 Februari 2020 – 23:55 WIB
Fakhri Husaini: Ada Dua Kezaliman di Sepak Bola - JPNN.COM
Fakhri Husaini. Foto: Nova Wahyudi/antara

jpnn.com, JAKARTA - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 dan U-19 Fakhri Husaini memposting pernyataan yang tegas tentang permasalahan yang ada di sepak bola.

Lewat akun resmi miliknya @coachfakhri di Instagram, pelatih berkumis itu menyebut ada dua kezaliman di sepak bola. Namun, dia tak merujuk langsung sepak bola mana yang dimaksud.

Kezaliman pertama ialah terkait match fixing alias kecurangan yang dilakukan dengan mengatur hasil sebuah pertandingan. Kemudian, kezaliman kedua ialah memilih pemain berdasarkan titipan.

Ia menyebut ada dua kezaliman di sepak bola yakni Match Fixing, bertindak curang mengatur hasil pertandingan. Ini dzolim, karena menciderai nilai-nilai luhur olahraga, mengkhianati kesetiaan suporter.

Kemudian, yang kedua memilih pemain berdasarkan "titipan". Ia menyebut ini juga zalim, karena pasti akan ada pemain yang layak dan pantas yang harus disingkirkan hanya untuk mengakomodir pemain titipan.

"Ingatlah, bahwa tidak ada satu perbuatanpun yang tidak akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah. Sepak bola, bisa menjadi penentu kita masuk ke surga atau neraka," tulis Fakhri.

Sayang, saat dikonfirmasi belum ada jawaban, apakah di sepak bola Indonesia atau di sepak bola antah berantah.

Hanya, kalau benar terjadi di sepak bola Indonesia, maka tentu harus menjadi bahan instropeksi diri. (dkk/jpnn)

loading...