Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FANTASTIS! Inilah Biaya Makan Narapidana Setiap Bulan

Senin, 11 April 2016 – 22:38 WIB
FANTASTIS! Inilah Biaya Makan Narapidana Setiap Bulan - JPNN.COM
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly kembali menyatakan tingkat hunian rumah tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia sudah melebihi kapasitas yang ditentukan.

“Di Kota Medan misalnya, kapasitas Lapas yang hanya untuk 1.000 orang narapidana diisi oleh 3.500 narapidana dengan kawalan sekitar 17 sipir," kata Yasonna, saat rapat kerja dengan Komisi III, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (11/4).

Persoalan kelebihan kapasitas ini lanjutnya, telah menimbulkan berbagai masalah sosial dan kriminal di Lapas maupun Rutan.

“Tempatnya sesak dan sudah tidak manusiawi," ujar politikus PDI Perjuangan ini.

Selain setiap harinya harus menghadapi permasalahan kelebihan hunian Rutan dan Lapas lanjutnya, anggaran yang dikeluarkan oleh Kemenkum HAM untuk mengurus narapidana juga besar.

‘Secara nasional, Kemenkumham harus mengeluarkan biaya makan untuk narapidana setiap bulannya mencapai Rp 1 triliun. Karena itu, Kemenkumham sangat berharap DPR menambah anggaran untuk Rutan, Lapas dan naraidana ini," katanya.(fas/jpnn)

JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly kembali menyatakan tingkat hunian rumah tahanan (Rutan) dan Lembaga

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close