Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fasilitas Umum, Pertanian, dan Rumah Warga Rusak Diterjang Banjir Bandang-Longsor

Sabtu, 18 Desember 2021 – 20:46 WIB
Fasilitas Umum, Pertanian, dan Rumah Warga Rusak Diterjang Banjir Bandang-Longsor - JPNN.COM
Tangkapan Layar - Sejumlah warga melihat luapan Sungai Cikandang di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (17/12/2021). (ANTARA/HO-Warga Garut)

jpnn.com, GARUT - Fasilitas umum, pertanian, dan rumah warga di wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, diterjang banjir bandang dan tanah longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi memastikan banjir bandang dan tanah longsor tidak menimbulkan korban jiwa.

"Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, hanya kerusakan fasilitas publik dan rumah warga," kata Satria Budi di Garut, Sabtu.

Dia menuturkan hujan deras yang berlangsung lama mengguyur wilayah selatan Garut itu menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Mekarmukti dan Pakenjeng.

Akibat bencana itu, kata dia, bangunan Puskesmas Mekarmukti bagian belakang rusak tertimpa longsor, kemudian bencana banjir menggenangi pemukiman warga akibat luapan Sungai Cikandang.

"Sarana publik Puskesmas Mekarmukti terkena longsor, dan di Pakenjeng banjir, rumah penduduk terganggu," katanya.

Dia menyampaikan jajarannya bersama aparat kecamatan dan desa setempat telah terjun ke lapangan untuk meninjau langsung apa saja yang terdampak akibat bencana itu.

Fasilitas umum yang rusak akibat bencana, kata dia, selanjutnya oleh BPBD Garut akan dilaporkan ke dinas terkait untuk secepatnya dilakukan perbaikan.

Banjir bandang dan tanah longsor merusak fasilitas umum, pertanian, serta rumah warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close