Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FAUI Tuntut Jokowi Cuti dari Jabatan Presiden hingga Pilpres 2024, Setuju?

Rabu, 29 November 2023 – 11:11 WIB
FAUI Tuntut Jokowi Cuti dari Jabatan Presiden hingga Pilpres 2024, Setuju? - JPNN.COM
Forum Alumni UI (FAUI) tuntut Jokowi cuti dari jabatan presiden hingga Pilpres 2024. Foto: FAUI

jpnn.com, JAKARTA - Forum Alumni Universitas Indonesia (FAUI) menuntut Joko Widodo mengambil cuti sementara dari jabatan Presiden Republik Indonesia hingga berakhirnya Pilpres 2024.

Dewan Presidium FAUI Dedy Syech menyampaikan tuntutan tersebut karena anak Jokowi menjadi kontestan dalam Pilpres 2024. Situasi ini menimbulkan risiko konflik kepentingan yang signifikan bagi presiden.

"Kami sudah menyaksikan contoh yang jelas mengenai konflik kepentingan di Mahkamah Konstitusi, yang berakhir dengan pencopotan ketua MK karena terbukti melakukan pelanggaran etika yang parah terkait persyaratan menjadi capres," tutur  Dedy Syech dalam pernyataan sikap FAUI dikutip Rabu (28/11).

Lebih lanjut dikatakan melihat dinamika politik saat ini seputar Pilpres 2024, telah banyak muncul tuduhan adanya sikap sepihak di kalangan pejabat pemerintah.

FAUI dengan tegas menduga bahwa sikap sepihak ini adalah hasil dari upaya untuk menguntungkan pihak penguasa saat ini. Selain itu, FAUI khawatir bahwa sikap sepihak pejabat pemerintah berasal dari arahan di balik layar dari kepemimpinan pemerintah.

Dedy mengungkapkan bulan November mengingatkan kita pada peristiwa Semanggi I di tahun 1998. Setidaknya tercatat 17 anak bangsa menjadi korban hilang nyawa dlm peristiwa itu. Semua demi tegaknya demokrasi di bumi Indonesia.

"Jangan kita melupakan sejarah. Bangsa yang melupakan sejarahnya, maka akan terpaksa mengulangi lagi sejarah yang sama," tegas Dedy Syech.

FAUI juga sangat khawatir tentang insiden-insiden terbaru yang melibatkan mobilitas pejabat desa untuk mendukung kandidat tertentu. Telah ada laporan tentang pemanggilan pejabat desa untuk dimintai keterangan oleh polisi, seperti yang terlihat dalam peristiwa terkini di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Forum Alumni UI (FAUI) tuntut Jokowi cuti dari jabatan presiden hingga Pilpres 2024, Setuju?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close