Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fenomena Langka Kembali Terjadi di Puncak Jaya Papua, Nih Buktinya

Jumat, 22 November 2019 – 23:55 WIB
Fenomena Langka Kembali Terjadi di Puncak Jaya Papua, Nih Buktinya - JPNN.COM
warga memperlihatkan butiran es setelah terjadi hujan es di wilayah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. Foto: Humas Pemkab Puncak, Papua

jpnn.com, JAKARTA - Warga Kabupaten Puncak, Provinsi Papua kini kembali merasakan hujan es. Fenomena langka ini kembali terjadi setelah musim kemarau yang panjang di Indonesia. Suhu udara di Kabupaten Puncak-pun kini layaknya di Eropa, yaitu 2 derajat celcius.

Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan hujan es bagi orang pengunungan Papua merupakan berkah yang harus disyukuri.

"Kami masyarakat pegunungan sangat bergembira, kami mengucapkan syukur kepada Tuhan. Setelah mengalami musim kemarau kepanjangan, hujan es turun kembali di kabupaten kami. Ini merupakan pertanda baik, berkah dari alam memberikan tanda kebaikan,” kata Willem Wandik kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Dia pun mendapat banyak laporan dari warga yang sangat antusias untuk mengabadikan fenomena hujan es ini dengan ponsel.

“Fenomena ini momentum yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Puncak yang berada di belakang pegunungan Carstensz. Sekarang suhunya sudah pasti terasa seperti di Eropa, sangat dingin," ungkapnya.

Meski gembira karena fenomena hujan es ini, Bupati Puncak Willem Wandik sudah melakukan langkah cepat untuk antisipasi pasca-hujan es atau salju tersebut dengan menyiapkan stok makanan dan obat-obatan untuk masyarakat.

"Kita sudah antisipasi semua agar masyarakat tetap kondusif," jelasnya.

Kabupaten Puncak terletak di kawasan tertinggi di Indonesia. Kabupaten ini terletak di antara ketinggian 1.500 hingga 4.000 meter di atas permukaan laut. Satu-satunya alat transportasi adalah melalui jalur udara. Kota Ilaga merupakan salah satu pintu masuk menuju Puncak Carstensz, Gunung tertinggi di Indonesia.

Warga Kabupaten Puncak Provinsi Papua kembali merasakan fenomena langka setelah musim kemarau yang panjang di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close