Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fenomena Pergerakan Bulan Menjauhi Bumi, BRIN Jelaskan Dampaknya

Jumat, 30 Agustus 2024 – 13:42 WIB
Fenomena Pergerakan Bulan Menjauhi Bumi, BRIN Jelaskan Dampaknya - JPNN.COM
Penampakan Bulan. Ilustrasi Foto: ANTARA/Anadolu/PY

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena astronomi pergerakan bulan menjauhi bumi diprediksi akan menambah durasi waktu satu hari di Bumi.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan pergerakan Bulan yang menjauhi bumi disebabkan oleh interaksi antara bumi, bulan, dan matahari.

"Akibatnya rotasi Bumi akan melambat, Bulan menjauh, dan revolusi Bulan melambat atau periodenya makin panjang," kata Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin, Jumat.

Thomas menjelaskan setiap tahunnya Bulan bergerak 3,5 centimeter menjauh dari Bumi. Hal ini membuat rotasi Bumi melambat 0,002 detik per abad.

Dengan kata lain, setiap 100.000 tahun durasi satu hari di Bumi hanya bertambah dua detik.

Sedangkan penambahan waktu satu hari di Bumi hingga menjadi 25 jam, Thomas memperkirakan hal tersebut baru terjadi 180 juta tahun mendatang.

Oleh karenanya, menurut Thomas, dampak pergeseran bulan menjauhi bumi baru terasa oleh manusia dalam jangka waktu yang sangat panjang.

"Dampaknya baru terasa itu miliaran tahun mendatang. Manusia sekarang tidak akan merasakan. Suatu saat nanti, satu hari di bumi sama dengan satu bulan, satu kali bulan mengitari bumi, atau sekitar 48 hari menurut hitungan sekarang," paparnya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjelaskan dampak fenomena pergerakan bulan menjauhi bumi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA