Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ferdy: Jokowi Sangat Lemah Manajemennya Mengurus COVID-19

Senin, 23 Maret 2020 – 16:33 WIB
Ferdy: Jokowi Sangat Lemah Manajemennya Mengurus COVID-19 - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman menilai, sejumlah kebijakan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus Corona (COVID-19) tidak efektif.

Antara lain soal social distancing, bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, terbukti masih banyak masyarakat keluar rumah dan malah memanfaatkan waktu untuk berlibur.

"Saya kira itu terjadi karena aturan tanpa disertai sanksi. Padahal, aturan itu akan efektif kalau disertai paksaan. Jadi, Jokowi ini sangat lemah manajemennya mengurus Covid-19. Kebijakannya setengah hati dan lebih mengedepankan pertimbangan ekonomi daripada kemanusian," ujar Ferdy di Jakarta, Senin (23/3).

Ferdy mendukung jika pemerintah akhirnya mengambil kebijakan lockdown, terutama untuk DKI Jakarta. Karena daerah ibu kota menjadi kawasan dengan jumlah pasien tertinggi.

Ferdy meyakini lockdown mampu meminimalisir virus corona tidak semakin menyebar ke daerah lain dan penanganannya juga dapat lebih pasti.

"Jadi, tidak seperti sekarang, orang serba tak pasti kapan mulai kerja, kapan mulai berusaha, karena korban semakin hari semakin bertambah," ucapnya.

Ferdy lebih lanjut mengatakan, ketika lockdown diberlakukan maka kebutuhan logistik masyarakat perlu diperhitungkan secara matang.

Stok pangan di Bulog harus memadai, paling tidak untuk beberapa bulan ke depan.

Peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman melontarkan kritik keras ke Presiden Jokowi terkait penanganan wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close