Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Festival Pemuda 2019: Merajut Kebinekaan untuk Perdamaian dan Persatuan

Rabu, 09 Oktober 2019 – 19:18 WIB
Festival Pemuda 2019: Merajut Kebinekaan untuk Perdamaian dan Persatuan - JPNN.COM
Ketua Panitia Penyelenggara Laila Nihayati bersama penyelenggara Festival Pemuda 2019. Foto: Humas Penyelenggara Festival Pemuda

jpnn.com, SEMARANG - Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Pemuda (FP) 2019. Melalui tahapan seleksi, pemuda yang akan hadir mencapai 10.000 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan pelajar-pelajar seluruh Jawa Tengah.

Festival Pemuda ini merupakan kegiatan lanjutan yang digagas oleh Harapan Pemuda Indonesia (HPI) bersama dengan Yayasan Pondok Kasih (YPK) serta Indonesia Global Compact Network (IGCN). Dengan mengangkat Isu Kepemudaan dan tagline #TunjukkanKontribusimu, penyelenggaraan Festival Pemuda dimaksudkan hadir sebagai usaha merumuskan jawaban atas kegelisahan pemuda dalam merespons perubahan sosial.

Ketua Panitia Penyelenggara Laila Nihayati pada Rabu (9/10/2019) berharap Festival Pemuda 2019 mampu memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pemuda saat ini dan di masa yang akan datang.

Salah satu kegiatan inti dari Festival Pemuda adalah membangun narasi positif di tengah masyarakat bahwa Pemuda adalah tulang punggung negara. Pada sesi ini, pemuda diajak berefleksi tentang peran dan posisi pemuda dalam struktur sosial dan negara.

Materi yang disampaikan pun tidak tunggal, melainkan terdiri dari multi disiplin ilmu dan pengalaman.

Selain sesi keilmuan, sesi yang lain yaitu Lokakarya Mahasiswa sebagai instrumen ekspresif mahasiswa dalam mengaktualisasikan gagasan konstruktif atas berbagai kelebihan dan kekurangan daerah lokalnya masing-masing.

Menurut Laila, wujud kegiatannya berupa penyampaian gagasan dan ide masing-masing kelompok perwakilan provinsi se-Indonesia yang dituangkan dalam bentuk projek proposal.
Di dalamnya berisi kelebihan dan kekurangan, rancangan kegiatan serta implementasi. Lima karya terbaik akan difasilitasi hingga pada tahap aplikasi.

Selain Kemah Kebangsaan, kegiatan selanjutnya adalah Karnaval Daya Nusantara. Dengan rangkaian kegiatan di antaranya: Wisata Kuliner, Simposium, Deklarasi dan Malam Kemitraan.

Festival Pemuda tahun 2019 mengangkat tema Mengintensifkan Peran Pemuda dalam Merajut Kebinekaan untuk Perdamaian, Persatuan dan Kesejahteraan, yang akan berlangsung di Semarang, 13-18 Oktober 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close