Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Filipina Tolak Permohinan Suaka Thaksin

Selasa, 11 November 2008 – 10:19 WIB
Filipina Tolak Permohinan Suaka Thaksin - JPNN.COM
MANILA – Filipina memastikan tidak akan memberikan suaka kepada Perdana Menteri (PM) terkudeta Thailand Thaksin Shinawatra. Dengan demikian, Filipina menjadi negara kedua setelah Inggris yang menolak mengijinkan Thaksin memasuki dan tinggal di wilayahnya.

Padahal sebelumnya, media-media Thailand ramai melaporkan bahwa Thaksin membidik Filipina setelah visanya dicabut Inggris, pekan lalu. Namun, hal itu langsung dibantah pemerintah Filipina, dengan mengatakan bahwa Thaksin sama sekali tidak mengajukan suaka kepada mereka. Lagipula, kalaupun pengusaha sukses itu mengajukan suakanya kepada Filipina, pemerintah Filipina sudah mantap menolaknya.

Juru bicara kepresidenan Jesus Dureza mengatakan bahwa dirinya tidak menerima laporan adanya permohonan ijin tinggal dari Thaksin. ’’Kalaupun nantinya ada, kami akan mengatakannya dengan sopan kepada Thaksin bahwa kami tidak bisa memberikan suaka politik kepadanya,’’ ujar Dureza.

Meskipun demikian, Dureza tidak menerangkan secara detail tentang alasan yang mendasari keputusan tersebut. Namun, yang pasti dengan memberikan perlindungan kepada tersangka korupsi di Thailand itu akan menyulitkan posisi Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo. Sebab, hal itu potensial mengundang berbagai kritik terhadap Arroyo, entah itu dari kelompok oposisi maupun kelompok-kelompok anti-pemerintah.

MANILA – Filipina memastikan tidak akan memberikan suaka kepada Perdana Menteri (PM) terkudeta Thailand Thaksin Shinawatra. Dengan demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA