Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fitur Pembayaran Jadi Daya Tarik Utama Transaksi Digital bagi UMKM

Jumat, 18 Oktober 2024 – 11:26 WIB
Fitur Pembayaran Jadi Daya Tarik Utama Transaksi Digital bagi UMKM - JPNN.COM
Direktur Utama PT TDC mempresentasikan cara mengunakan aplikasi Poskulite kepada merchant. Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Pet Shop Indonesia (Aspin) dan PT Trans Digital Cemerlang menyakini penggunaan transaksi digital turut mempermudah pembayaran di dunia usaha dan mempermudah melihat laporan arus dana. Selain cepat, transaksi digital seperti QRIS juga dinilai lebih aman.

Ketua Aspin Ady Sasmita menyampaikan transaksi digital merupakan solusi dan mempermudah sistem pembayaran. Para anggota Aspin, kata Ady, terbantu lantaran konsumen merupakan generasi muda.

"Generasi muda pelihara hewan banyak yang menggunakan digital. Buat kita penggunaan digital sangat membantu," ujar Ady saat dihubungi.

Ady berujar, transaksi digital membuat pengusaha tak perlu mengeluarkan uang kembalian. Selain itu, juga lebih aman karena mengurangi potensi kecurangan. Lalu, bagi pengusaha akan lebih mudah melihat arus kas dengan penggunaan transaksi digital.

"Dalam perjalanan bisnis itu kan melihatnya arus kas, cash flow-nya kan. Nah ini kan juga sangat mudah untuk melihat cash flow dengan waktu yang cepat," tambah Ady.

Dia mencontohkan, penggunaan QRIS kini lebih sukai karena tidak perlu lagi konsumen menggunakan kartu ATM sebagai alat pembayaran. Bagi pengusaha juga tak perlu menggunakan alat-alat yang terbilang rumit.

"Kalau QRIS kan langsung scan barcode selesai. Tidak perlu lagi ngisi pin ATM atau menggunakan alat-alat lagi. Sekarang juga trennya pemilik hewan kan' anak-anak muda. Mereka lebih suka menggunakan transaksi digital," tutur Ady.

Di sisi lain, Ady turut memberi masukan terutama mengenai pentingnya edukasi dan sosialisasi penggunaan QRIS di daerah-daerah. Menurutnya, anggota Aspin di daerah juga penting diberikan sosialisasi penggunaan transaksi digital.

Ketua Aspin Ady Sasmita menyampaikan transaksi digital merupakan solusi dan mempermudah sistem pembayaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA