Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Forwatan Gelar Aksi Sosial Bareng 3 Asosiasi Hilir Sawit

Sabtu, 20 April 2024 – 19:26 WIB
Forwatan Gelar Aksi Sosial Bareng 3 Asosiasi Hilir Sawit - JPNN.COM
Forwatan dan tiga asosiasi hilir sawit mengadakan aksi sosial. Dok: Forwatan.

jpnn.com, JAKARTA - Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama dengan tiga asosiasi hilir sawit mengadakan promosi dan bakti sosial.

Ketiga asosiasi itu yakni Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN).

Melalui kegiatan itu, ratusan santri dan anak yatim piatu mendapatkan pemahaman manfaat positif sawit bagi perekonomian, sosial, dan lingkungan.

“Saat ini minyak sawit menghadapi persoalan imej dan citranya di mata masyarakat. Padahal, komoditas ini juga melibatkan petani dan koperasi di dalamnya, jadi tidak benar apabila kelapa sawit diidentikkan dengan konglomerasi,” ujar Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif GIMNI dalam siaran persnya, Sabtu (20/4).

Sahat mengatakan produk hilir sawit telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia baik untuk memenuhi kebutuhan pangan, energi, dan oleokimia.

Terutama selama Ramadan dan Idulfitri, kelapa sawit banyak digunakan dan posisinya sulit digantikan oleh minyak nabati lain.

Banyak produk sawit yang membantu santri untuk menjaga kebersihan seperti sabun, shampoo, dan deterjen pakaian. Termasuk juga digunakan dalam mengolah makanan antara lain minyak goreng dan margarin.

Sahat menyebut keunggulan sawit tidak terlepas dari kebijakan hilirisasi yang meningkatkan jumlah produk turunan dari 54 jenis di tahun 2007 meningkat ke 179 jenis pada 2023, bahkan kesempatan produk turunan sawit masih terbuka luas untuk dikembangkan.

Forwatan mengadakan aksi sosial selama Ramadan bersama tiga asosiasi hilir sawit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close