Alexa Analytics
Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FPI

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Selasa, 14 September 2021 – 20:57 WIB
FPI - JPNN.COM
Ilustrasi - Sejumlah pencinta Habib Rizieq Shihab saat aksi di depan Balai Kota Bogor beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - FPI bangkit lagi. Istilah kerennya FPI Reborn, terlahir kembali.

Tidak perlu menunggu lama, tidak sampai setahun setelah dinyatakan sebagai organisasi terlarang, FPI mengumumkan diri berganti baju menjadi FPI baru.

FPI versi lama adalah Front Pembela Islam. FPI baju baru adalah Front Persaudaraan Islam.

Setelah muncul Surat Keputusan Bersama (SKB) yang melarang keberadaan FPI, Desember 2020, kali ini FPI muncul lagi dengan kemasan yang (sedikit) berbeda.

Kemasan mungkin berbeda. Casing boleh berbeda, tetapi isinya mungkin tetap sama.

Logo lama dan baru cuma beda-beda tipis. Logo baru tetap berbentuk dasar bulat dilingkari sebuah tasbih, ada huruf FPI berwarna putih di bagian tengah dengan background hijau.

Di bagian bawah tertulis ‘’Front Persaudaraan Islam’’ dengan tulisan memakai huruf Arab di atasnya. Beda dengan logo lama, pada logo baru ini ada gambar ka’bah, tasbih, kubah berwarna hijau dan kubah emas.

Logo lama FPI berbentuk dasar bulat dengan huruf FPI di tengah. Warna dasarnya hijau cerah, di bawahnya ada tulisan ‘’Front Pembela Islam’’ dan tulisan Arab melingkar di bagian atas. Perbandingan sepintas tidak memperlihatkan perbedaan yang mencolok.

FPI lama dan baru bisa jadi sama-sama membuat keder orang-orang yang mabuk karena alkohol, maupun yang mabuk kekuasaan.


BERITA LAINNYA