Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

FPI Bisa Jadi Ancaman Suatu Saat Nanti Bila Tak Dibubarkan

Rabu, 30 Desember 2020 – 17:55 WIB
FPI Bisa Jadi Ancaman Suatu Saat Nanti Bila Tak Dibubarkan - JPNN.COM
Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Foto: M Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin angkat suara menyoroti langkah pemerintah membubarkan Front Pembela Islam (FPI).

Menurutnya, hanya pemerintah yang mengetahui kebenaran apakah pembubaran itu merupakan langkah yang tepat atau tidak untuk dilakukan.

"Soal tepat atau tidak, itu pemerintah yang tahu. Jika mengacu pada versi pemerintah, mereka tentu akan mengatakan tepat," ujar Ujang kepada jpnn.com, Rabu (30/12).

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini meyakini, pemerintah mempunyai pertimbangan yang kuat sebelum memutuskan untuk membubarkan ormas yang dipimpin Habib Rizieq Shihab itu.

Baik itu pertimbangan secara hukum, maupun secara politik.

Pertimbangan hukumnya, bisa jadi sesuai yang dikatakan oleh pemerintah, sudah tak terdaftar sejak 2019 lalu dan dianggap mengganggu keamanan.

"Pertimbangan politiknya, bisa saja kalau FPI tak dibubarkan, akan menjadi besar dan itu akan menjadi ancaman pemerintah di kemudian hari," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

Menko Bidang Polhukam Mahfud MD sebelumnya menyatakan, pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI.

Pembubaran FPI bisa jadi dilakukan pemerintah dengan pertimbangan politik akan jadi ancaman di kemudian hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close