Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

G-20 Akan Putuskan Dana Penanggulangan Krisis

Senin, 30 Maret 2009 – 12:01 WIB
G-20 Akan Putuskan Dana Penanggulangan Krisis - JPNN.COM
JAKARTA - Pertemuan negara-negara G-20 akan memutuskan jumlah global funds atau dana global yang mesti disediakan dalam menanggulangi krisis. Pertemuan tingkat kepala negara yang akan digelar 2 April mendatang di London itu juga akan membahas komitmen bank-bank pembangunan dalam menyuntikkan dana.

   

"Untuk Global Funds itu akan di-announce jumlahnya berapa dan instrumennya," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu di Kantor Depkeu, Jakarta, akhir pekan lalu. 

     

Pertemuan itu juga membahas keanggotaan Financial Stability Forum (FSF). Sejumlah regulasi juga akan diumumkan, seperti registrasi dan pengawasan bagi hedge fund dan agen pemeringkat. "Transaksi derivatif dan transaksi yang off balance sheet, minimal supaya bisa dideteksi," kata Anggito.

     

Bank-bank pembangunan juga akan mereformasi diri. Perbaikan ini akan menyangkut fleksibilitas limit pinjaman bagi negara, serta utang yang boleh ditarik. Juga ada ada fasilitas credit enhancement. Fasilitas ini berguna bagi negara-negara yang ingin menerbitkan obligasi global. "Ini bisa memperkuat rating negara-negara miskin," kata Anggito.

     

JAKARTA - Pertemuan negara-negara G-20 akan memutuskan jumlah global funds atau dana global yang mesti disediakan dalam menanggulangi krisis. Pertemuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA