Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

G20 Empower Berhasil Mengajukan Poin Kesetaraan Perempuan di Leaders Declaration

Rabu, 16 November 2022 – 16:04 WIB
G20 Empower Berhasil Mengajukan Poin Kesetaraan Perempuan di Leaders Declaration - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo di Pembukaan G20. Foto: dok G20 Empower

jpnn.com, JAKARTA - Perwakilan G20 Empower bersama Sherpa G20 Indonesia berhasil merumuskan pemikiran terkait pengarusutamaan kesetaraan gender pada worksteam G20, Sherpa Track.

Pemikiran kebangkitan perekonomian perempuan dan perlindungan pada anak selepas pandemi covid-19, menjadi poin yang dimasukan dalam Bali Leaders Declaration.

Hal itu untuk menjawab tantangan global dan berbagai isu ekonomi (non-finansial), mencari solusi, dan memberikan rekomendasi atas agenda dan isu prioritas G20.

G20 Leaders Declaration merupakan kesepakatan bersama dari para pemimpin G20 terhadap upaya bersama dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan pascapandemi COVID-19.

Leaders Declaration berisikan substansi pembahasan prioritas Presidensi G20 Indonesia yakni Arsitektur Kesehatan Global, Tranformasi Digital, dan Transisi Energi. Deklarasi juga membahas mengenai isu ketahanan pangan yang menjadi isu global saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual saat menyambut kedatangan seluruh Delegasi Sherpa G20 mengatakan bahwa sebagai perwakilan negara berkembang dan satu-satunya anggota G20 dari Asia Tenggara, inklusivitas menjadi sangat penting bagi Indonesia dan harus saling membantu dalam melalui masa-masa yang sulit ini.

“Kuncinya adalah mencapai keseimbangan. Dengan agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 sebagai penunjuk arah kita, kita harus mempertimbangkan solusi paling efektif untuk krisis multidimensi yang sedang berlangsung dan tetap rendah hati dalam keterbatasan kita sebagai manusia,” ujar Menko Airlangga.

Pertemuan Sherpa G20 keempat yang sekaligus merupakan pertemuan terakhir menyongsong KTT G20 dalam Presidensi G20 Indonesia, saat ini juga telah dilangsungkan di Jimbaran, Bali, pada 11-14 November.

Perwakilan G20 EMPOWER berhasil membawa pemikiran keberpihakan pada kemajuan dan pemberdayaan ekonomi perempuan ke dalam poin Bali Leaders Declaration.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close