Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gabriel Goa Dorong Penambahan BLK Luar Negeri di NTT

Jumat, 05 Agustus 2022 – 10:56 WIB
Gabriel Goa Dorong Penambahan BLK Luar Negeri di NTT - JPNN.COM
Direktur Padma Indonesia Gabriel Goa: Foto: ANTARA/HO-Padma Indonesia

jpnn.com, KUPANG - Lembaga Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian (Padma) Indonesia mendorong penambahan Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK LN) di Nusa Tenggara Timur agar memadai dalam melayani kebutuhan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di provinsi itu.

“Saat ini baru ada empat BLK pekerja migran di NTT terdiri dari satu BLK milik pemerintah dan tiga lainnya milik Perusahaan Pengerah Pekerja Migran Indonesia (P3MI),” kata Direktur Padma Indonesia Gabriel Goa ketika dihubungi dari Kupang, Jumat (5/8).

Gabriel Goa menilai, jumlah BLK tidak memadai dibandingkan dengan NTT sebagai wilayah bercirikan kepulauan yang terdiri dari 22 kabupaten/kota.

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya mempersiapkan CPMI asal NTT menyusul dibukanya kebijakan penempatan CPMI di Malaysia per 1 Agustus 2022.

Menurut dia, NTT sebagai daerah kantong PMI perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah untuk melengkapi berbagai infrastruktur pendukung terutama BLK LN.

Semua BLK di NTT saat ini, kata dia berbasis di Kota Kupang sedangkan 21 kabupaten lainnya belum memiliki BLK LN sehingga menyulitkan warga di daerah-daerah karena harus menyiapkan waktu dan biaya tertentu untuk datang di Kota Kupang.

"Oleh karena itu, memang kondisi ini membuat para CPMI lebih memilih nekat melalui jalur ilegal yang rentan dengan praktik perdagangan orang atau human trafficking," katanya.

Menurut dia, pemerintah pemerintah perlu menggandeng berbagai pihak terkait untuk menghadirkan BLK LN seperti Asosiasi Pengelola Pelatihan Tenaga Kerja Indonesia (AP2TKI) Lembaga Sertifikasi Profesi (LPS), dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mempersiapkan infrastruktur yang handal, berkompeten dan bersertifikat untuk melatih CPMI yang akan bersaing di bursa kerja baik di dalam maupun luar negeri.

Gabriel Goa mendorong penambahan BLK Luar Negeri di Nusa Tenggara Timur agar memadai dalam melayani kebutuhan Calon PMI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close