Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gajah Liar Kerap Merusak Tanaman Petani, BKSDA Diminta Bertindak

Sabtu, 06 Mei 2023 – 17:40 WIB
Gajah Liar Kerap Merusak Tanaman Petani, BKSDA Diminta Bertindak - JPNN.COM
Ilustrasi - Gajah liar (ANTARA)

jpnn.com, ACEH JAYA - Sejumlah warga di Kecamatan Jaya dan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya meminta BKSDA bertindak terhadap sejumlah gajah liar yang kerap masuk ke permukiman.

Pasalnya, gajah liar tersebut juga kerap merusak tanaman milik petani setempat.

"Gajah itu sudah sangat meresahkan, konflik gajah liar ini sudah berlangsung lama di desa kami, bahkan tanaman kami juga habis dimakan gajah,” ujar Abdul Wahid, salah satu petani Aceh Jaya, Sabtu (6/5).

Abdul menyampaikan pihaknya sudah membuat surat dan dikirimkan kepada pihak BKSDA Aceh agar gajah tersebut dapat segera dipindahkan ke tempat lain secara jangka panjang.

Sehingga tidak lagi masuk ke permukiman dan memakan tanaman petani.

“Kalau tidak dipindahkan akan terus seperti itu, kami halau di sini pasti dia pindah ke desa lain karena tidak bisa lagi keluar, karena itu kami harap segera ditangani," ujarnya.

Dia menyebut sejauh ini sudah ada lima kepala desa yang menandatangani surat permintaan ke BKSDA yaitu Gampong Kuala, Teumareum, Medhang Ghon, Putu dan Cot Dulang, serta dua camat yaitu Jaya dan Indra Jaya.

Sementara Camat Jaya Syamsuddin Rani mengakui pihaknya juga sudah menandatangani surat sesuai dengan permintaan masyarakat tersebut, apalagi ini merupakan masalah yang sangat penting diperhatikan.

Sejumlah warga di Aceh Jaya meminta BKSDA setempat segera bertindak memindahkan gajah liar yang kerap masuk permukiman warga.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close