Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gala Dinner ASEAN Economic Ministers Retreat 2023, Mendag Munculkan Hal Ini

Kamis, 23 Maret 2023 – 23:43 WIB
Gala Dinner ASEAN Economic Ministers Retreat 2023, Mendag Munculkan Hal Ini - JPNN.COM
Gala Dinner ASEAN Economic Ministers Retreat 2023 di Margo Utomo, yang berada di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (21/3). Foto: dok humas Kemendag

jpnn.com - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menjelaskan kemegahan Candi Borobudur yang merepresentasikan simbol toleransi, kerukunan umat beragama, dan warisan budaya yang sangat berharga menjadi simbol diplomasi Indonesia. 

Hal itu disampaikan dalam Gala Dinner ASEAN Economic Ministers Retreat 2023 di Margo Utomo, yang berada di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (21/3).

"Candi Borobudur yang merupakan kuil Buddha terbesar di dunia dan tercatat sebagai warisan dunia oleh UNESCO ini merupakan simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Relief Candi Borobudur menunjukkan keharmonisan hidup umat beragama yang mengedepankan sikap saling menghormati," kata Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Kamis (23/3).

Dalam sambutannya, Zulhas menyampaikan kehadiran para menteri ekonomi negara-negara Asia Tenggara itu di Magelang mencerminkan dukungan kepada Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 yang mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Ketua umum PAN itu juga mengajak para Menteri Ekonomi Se-ASEAN untuk mengedepankan semangat kolaborasi untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global dengan semangat sentralitas. 

"Pertemuan di Magelang menunjukkan komitmen bersama untuk mewujudkan visi membangun ASEAN yang tangguh, adaptif, inklusif, berperan sentral, serta memberikan manfaat bagi masyarakat di kawasan dan di dunia," lanjutnya. 

Dia berharap pertemuan AEM Retreat dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan kawasan.

"Saya harap dalam pertemuan AEM Retreat ini dapat menghasilkan kesepakatan nyata untuk memastikan bahwa sebagai satu entitas ASEAN dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan bekerja sama di berbagai sektor," ujarnya. 

Gala Dinner ASEAN Economic Ministers Retreat 2023, Mendag Zulhas sebut Candi Borobudur simbol diplomasi Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close