Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Galon Sekali Pakai Bisa Didaur Ulang

Rabu, 18 November 2020 – 23:03 WIB
Galon Sekali Pakai Bisa Didaur Ulang - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Darren Staples/Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Sampah plastik yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan mudah didaur ulang ialah plastik jenis polyethylene terephthalate (PET).

Setidaknya itulah salah satu poin penting yang didapat dari hasil webinar bertajuk Waste Management untuk Mendukung Circular Economy pada 10 November 2020.

Menurut Dhora Elvira dari LSM Sahabat Daur Ulang, plastik berbahan dasar PET biasanya digunakan di kemasan botol plastik air mineral.

“Hampir semua merek botol plastik air mineral. Kalau galon, kalau tidak salah, Le Minerale galon sekali pakai yang menggunakan bahan PET dengan Kode Plastik Daur Ulang No.1,” kata Dhora.

Dia menambahkan, sampah plastik lebih baik jika bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.

Menurut dia, butuh waktu 450-1000 tahun untuk sampah dari botol plastik dapat terurai.

"Barang-barang plastik dapat terurai di tanah 1000 tahun lamanya, sedangkan kantong plastik 10 hingga 1000 tahun. Botol plastik dapat terurai di alam sekitar 450 tahun,” kata dia.

Ketua Ikatan Pemulung Indonesia Prispolly Lengkong menambahkan, plastik jenis PET merupakan primadona untuk para pemulung karena nilai ekonominya yang tinggi.

Sampah plastik yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan mudah didaur ulang ialah plastik jenis polyethylene terephthalate (PET).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close