Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng 3 Pemda, Bea Cukai Dorong UMKM Mendobrak Pasar Global

Selasa, 16 Agustus 2022 – 17:45 WIB
Gandeng 3 Pemda, Bea Cukai Dorong UMKM Mendobrak Pasar Global - JPNN.COM
Bea Cukai memberikan fasilitas dan kemudahan bagi pelaku UMKM agar bisa menembus pasar global. Ilustrasi Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng berbagai pihak di beberapa daerah untuk mendampingi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan kualitas produk dan membuka peluang pasar di mancanegara.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan pihaknya bekerja sama dengan para stakeholder dan memberikan dukungan kepada para pelaku usaha agar bisa melaksanakan ekspor komoditas unggulan.

Bea Cukai Jember bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember melaksanakan webinar Potensi Pasar Ekspor di Eropa. Webinar ini digelar pada 20-21 Juli 2022 dan dihadiri 37 peserta UMKM.

Lalu, Bea Cukai Jember bersama Pemkab Jember melakukan asistensi ekspor dengan mengunjungi Desa Sidomulyo. 

Sidomulyo merupakan desa wisata pertama di Jember yang diresmikan Pemkab Jember. Bea Cukai Jember turut hadir untuk melaksanakan sosialisasi ekspor dan peresmian layanan klinik ekspor pertama yang didirikan di desa.

“Lebih dari 600 ribu UMKM di Jember dengan berbagai produk unggulan, seperti tembakau, kopi, cokelat, kerajinan, peternakan, hingga berbagai potensi wisata desa. Asistensi perlu dilaksanakan agar produk dan karya asli Jember bisa menuju pasar global,” ujar Hatta.

Bea Cukai Juanda bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopum) Surabaya menyelenggarakan pelatihan akses ekspor bagi pelaku UMKM binaan Pemkot Surabaya. 

Bea Cukai menggandeng berbagai pihak di beberapa daerah untuk mendampingi UMKM menembus pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close