Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Airbus, Facebook Ingin Hadirkan Internet Lewat Drone

Kamis, 24 Januari 2019 – 21:31 WIB
Gandeng Airbus, Facebook Ingin Hadirkan Internet Lewat Drone - JPNN.COM
facebook. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Facebook diam-diam telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Airbus untuk melanjutkan rencananya menghadirkan internet ke berbagai komunitas menggunakan drone.

Kolaborasi kedua perusahaan tampaknya kian serius setelah Facebook mengumumkannya pada Juni 2018 lalu. Kabarnya, Facebook akan menggunakan drone Zephyr S milik Airbus untuk mewujudkan hal tersebut.

Melansir Digitaltrend, Kamis (24/1), kedua perusahaan sudah melakukan uji coba menggunakan Zephyr S pada November 2018 di Australia. Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada kabar apakah uji coba itu benar-benar valid atau tidak.

Airbus merancang drone Zephyr S memiliki lebar sayap 25 meter dengan berat kurang dari 75 kg. Drone tersebut mampu terbang selama 25 hari, 23 jam dan 57 menit.

Angka tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai penerbangan drone berdurasi paling panjang. Zephyr sejatinya drone yang biasa digunakan Airbus untuk mengirimkan bantuan.

Kabarnya, Facebook akan menggunakan teknologi Wave untuk menyebarkan jaringan internet menggunakan drone di daerah-daerah berkembang seperti kawasan Asia, Afirka dan Amerika Latin.

Sebelumnya, proyek tersebut melibatkan semua drone dengan kemampuan terbang tinggi. Namun sayangnya, drone bernama Aquila besutan Facebook itu harus mengalami kecelakaan ketika mendarat di cuaca berangin. (mg9/jpnn)

Facebook diam-diam telah menjalin kerja sama dengan perusahaan Airbus untuk melanjutkan rencananya menghadirkan internet ke berbagai komunitas menggunakan drone.

Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close