Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng Dekranasda, Pegadaian Promosikan Produk Kreatif Kota Sukabumi di Museum Pegadaian

Senin, 09 September 2024 – 11:00 WIB
Gandeng Dekranasda, Pegadaian Promosikan Produk Kreatif Kota Sukabumi di Museum Pegadaian - JPNN.COM
PT Pegadaian berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi sukses menggelar acara Pesona Swarga Bumi pada 31 Agustus-1 September 2024 di Museum Pegadaian, Sukabumi. Foto dok Pegadaian

jpnn.com, SUKABUMI - PT Pegadaian berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi sukses menggelar acara Pesona Swarga Bumi pada 31 Agustus - 1 September 2024 di Museum Pegadaian, Sukabumi.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari coaching clinic untuk UMKM Fashion bersama desainer Wignyo Rahadi yang dilaksanakan pada 21-22 Juni lalu.

Acara ini dirancang sebagai wadah untuk mempromosikan produk fashion dan kerajinan lokal, serta melestarikan budaya daerah guna memperkuat daya saing produk lokal di pasar nasional dan internasional.

"Kegiatan ini sangat baik karena Pemerintah Kota Sukabumi didukung oleh Pegadaian, ingin mengangkat wastra, khususnya batik lokal. Wastra bukan hanya kain tradisional, tetapi memiliki makna dan simbol yang dalam, yang mencakup dimensi warna, ukuran, dan bahan seperti batik, tenun, songket, dan lain sebagainya," ujar Wignyo Rahadi, desainer dan CEO Tenun Gaya.

Wignyo menambahkan selama ini, pelatihan yang dilakukan baru sebatas mengajarkan cara membuat batik.

"Namun, sekarang kami melangkah lebih jauh dengan melatih para desainer fesyen serta menjahit pakaian. Hasilnya ditampilkan dalam fashion show di event Pesona Swarga Bumi ini, untuk mengetahui perkembangan batik Kota Sukabumi. Saya juga berkomitmen untuk membantu mempromosikan wastra ke luar negeri. Agenda terdekat kami adalah show di Paris, Laos, serta Praha," tutur dia.

Tidak hanya fashion show, pameran produk lokal, beauty class, talkshow, dan pementasan seni.

Acara ini juga menyelenggarakan berbagai kompetisi kreatif, termasuk lomba rancang aksesoris, lomba fashion show, lomba memasak, dan lomba video kreasi, yang berhasil menarik perhatian masyarakat luas dan meningkatkan partisipasi komunitas lokal.

Pesona Swarga Bumi juga menjadi momentum yang baik, terutama bagi Pegadaian yang memiliki museum dengan nilai sejarah yang besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA