Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng ExxonMobil, Pertamina Kaji Penerapan Teknologi CCUS di 3 Wilayah Ini

Sabtu, 14 Mei 2022 – 15:10 WIB
Gandeng ExxonMobil, Pertamina Kaji Penerapan Teknologi CCUS di 3 Wilayah Ini - JPNN.COM
Kesepakatan kerja sama Pertamina dan ExxonMobil itu diwujudkan melalui Joint Study Agreement (JSA) sebagai tindak lanjut dari MOU yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan President of ExxonMobil Indonesia Irtiza H. Sayyed, di Amerika Serikat, Jumat (13/5). Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina menggandeng perusahaan energi dunia, ExxonMobil untuk mengkaji penerapan teknologi Carbon Capture & Storage (CCS) dan Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS) di tiga wilayah lapangan migas.

Ketiga wilayah tersebut meliputi Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat

Kesepakatan kerja sama Pertamina dan ExxonMobil itu diwujudkan melalui Joint Study Agreement (JSA) sebagai tindak lanjut dari MOU yang ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan President of ExxonMobil Indonesia Irtiza H. Sayyed, di Amerika Serikat, Jumat (13/5).

Penandatangan kesepakatan itu disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investas Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kerja sama ini merupakan jawaban yang sangat sederhana bagi beberapa negara maju seperti Indonesia.

Hal itu sebagai kebijakan terkait dengan masalah perubahan iklim.

“Kami sangat hati-hati memperhatikan kebijakan yang satu ini, seperti masalah reservoir yang semakin menipis,” kata Luhut.

Luhut mengatakan pemerintah akan mendukung Pertamina dan ExxonMobil melakukan investasi dengan menyiapkan segala hal yang dibutuhkan.

Selama ini, kata Lubur, ExxonMobil membuktikan dirinya dengan investasinya di Indonesia selama beberapa dekade dan pemerintah Indonesia.

Pertamina menggandeng perusahaan energi dunia, ExxonMobil untuk mengkaji penerapan teknologi CCUS di tiga wilayah lapangan migas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA