Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng JFA, Langkah Erick Thohir Selesaikan Masalah Wasit di Liga 1 Sangat Tepat

Sabtu, 03 Juni 2023 – 17:05 WIB
Gandeng JFA, Langkah Erick Thohir Selesaikan Masalah Wasit di Liga 1 Sangat Tepat - JPNN.COM
Ketum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sepak bola nasional Sigit Nugroho menilai langkah Ketua Umum Erick Thohir meminta komite bantuan pada Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) terkait masalah wasit di Liga 1 Indonesia sangat tepat.

Pasalnya, masalah wasit hingga saat ini masih menjadi masalah tersendiri karena sebagian besar klub mempermasalahkan kepemimpinan wasit di Liga Indonesia.

Berdasarkan laporan yang diterima pihak penyelenggara, laporan terbanyak datang dari klub karena menilai kepemimpinan wasit kurang tepat.

“Saya kira itu punya dua manfaat ganda. Pertama, JFA senang dimintai bantuan PSSI. Artinya mereka mendapat apresiasi. Kedua, tentu akan ada semacam shock therapy,” kata Sigit Nugroho kepada wartawan, Sabtu (3/6).

Menurut Sigit, PSSI dan para petinggi wasit sudah memahami permasalahan tersebut. Namun, ada beberapa faktor yang membuat permasalahan wasit ini terselesaikan.

Untuk itu, lewat kerja sama dengan JFA ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan wasit.

“Sebenarnya PSSI dan petinggi perwasitan sudah paham masalah wasit. Namun, faktor nonteknis yang membuat keputusan wasit di lapangan seolah konyol. Dengan sentuhan langsung orang Jepang, faktor nonteknis tereduksi,” ucapnya.

Terkait kebijakan Ketum PSSI Erick Thohir menaikkan gaji dan memberikan asuransi kepada wasit, sangatlah baik.

Pengamat sepak bola Sigit Nugroho menilai langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta komite bantuan JFA terkait wasit di Liga 1 Indonesia sangat tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close