Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gandeng LAZ BSMU dan UNHCR, BSI Salurkan Dana Rp 1 Miliar untuk Pengungsi

Senin, 01 Maret 2021 – 20:24 WIB
Gandeng LAZ BSMU dan UNHCR, BSI Salurkan Dana Rp 1 Miliar untuk Pengungsi - JPNN.COM
BSI salurkan dana untuk pengungsi di Indonesia. Foto: dok BSI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. menggandeng Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZ BSMU) dan UNHCR (The United Nations High Commisioner for Refugees), menyalurkan dana zakat untuk program kesehatan dan makanan pengungsi di seluruh Indonesia.

Dana zakat yang disiapkan sebesar Rp 1 miliar untuk menjalankan program selama satu tahun.

Menurut Direktur Sales and Distribution Bank Syariah Indonesia Anton Sukarna, dukungan program kemanusiaan ini merupakan salah satu komitmen pihaknya untuk memberikan kemaslahatan yang luas bagi masyarakat.

“BSI memiliki komitmen untuk menyejahterakan umat dan memberikan kebaikan bagi seluruh lapisan dan golongan masyarakat."

"Sinergi dengan lembaga zakat dan organisasi nirlaba seperti UNHCR merupakan salah satu wujud dari komitmen kami tersebut. Mudah-mudahan, langkah ini dapat membantu pengungsi di seluruh Indonesia,” kata Anton Sukarna dalam keterangannya, Senin (1/3).

Saat ini, dunia mengalami krisis pengungsi terburuk sepanjang sejarah dengan 79,5 juta orang mengungsi secara paksa.

Dari jumlah tersebut, sebesar 60 persen di antaranya berasal dari negara-negara Islam (OIC countries) dan memenuhi persyaratan untuk menerima dana zakat dan sedekah.

Atas dasar itu, sejak tahun 2013 UNHCR telah mengembangkan “Refugee Zakat Fund”, sebuah model pemberdayaan dan penghimpunan dana bantuan kepada Pengungsi (Muslim) berbasis dana Zakat dan sedekah, yang telah dipercaya banyak lembaga filantropi Islam.

Bank Syariah Indonesia menggandeng LAZ BSMU dan UNHCR menyalurkan dana zakat sebesar Rp 1 miliar untuk pengungsi di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close