Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Izinkan Bupati-Walkot Jateng Alihkan Alokasi Bantuan untuk Pengentasan Kemiskinan

Rabu, 25 Januari 2023 – 22:01 WIB
Ganjar Izinkan Bupati-Walkot Jateng Alihkan Alokasi Bantuan untuk Pengentasan Kemiskinan - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, GROBOGAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengizinkan para bupati dan wali kota untuk mengalihkan alokasi bantuan dari Pemprov Jateng untuk memprioritaskan pengentasan kemiskinan ekstrem.

Namun, Ganjar memberi catatan, pengalihan alokasi harus disertakan dengan data yang valid.

"Kalau program yang reguler sudah disiapkan jangan sampai itu bergeser. Saya mendorong kalau di level desa yang miskin, bahkan kemiskinan ekstrem, bantuannya boleh digeser ke sana, nanti saya izinkan. Umpama bantuan provinsi mau dipakai untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem akan saya izinkan," kata Ganjar saat memberikan arahan percepatan penanganan kemiskinan ekstrem di Balai Desa Milir, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan pada Rabu (25/1).

Pengalihan alokasi bantuan tersebut, kata Ganjar, merupakan sederet upaya inovasi Pemprov Jawa Tengah untuk percepatan pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Ganjar meminta setiap kepala daerah untuk bertanggung jawab atas verifikasi dan validasi data terkait jumlah warga miskin, serta jumlah yang berhak menerima bantuan di daerahnya masing-masing.

"Kami coba selesaikan untuk penanganan sampai ke level mikro, mikronya ada di desa. Kami minta kawan-kawa kades untuk mendata satu minggu ini, camat akan menjadi supervisi dan akan dikompilasi oleh kabupaten," ujar Ganjar.

"Itu menjadi prioritas. Kalau nanti kemiskinan ekstrem di 2024 mesti selesai, kami semua di daerah punya tanggung jawab pada level masing-masing," imbuh Ganjar.

Pemprov Jawa Tengah akan terus mendampingi para bupati, wali kota, camat dan kades untuk mempercepat verifikasi dan validasi data warga miskin.

Ganjar meminta setiap kepala daerah untuk bertanggung jawab atas verifikasi dan validasi data terkait jumlah warga miskin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close