Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Muda Padjajaran Gelar Konsultasi IVA untuk Cegah Kanker Serviks

Kamis, 22 Juni 2023 – 21:03 WIB
Ganjar Muda Padjajaran Gelar Konsultasi IVA untuk Cegah Kanker Serviks - JPNN.COM
Kegiatan penyuluhan dan konsultasi IVA untuk mencegah kanker serviks yang digelar Ganjar Muda Padjajaran. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIMAHI - Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggelar penyuluhan dan konsultasi pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk mencegah kanker serviks pada Kamis (22/6).

Penyuluhan dilakukan di salah satu kafe di daerah Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat (Jabar). GMP menggandeng penyuluh dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk memaparkan materi soal IVA.

IVA sendiri merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.

Koordinator Daerah GMP Cimahi Randry Adryan Setiawan menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pemeriksaan IVA.

"Ini (kanker serviks) merupakan penyakit yang diidap oleh perempuan. Untuk kegiatan hari ini diikuti oleh kaum perempuan yang antusias, merasa aware dan peduli terhadap kesehatan mereka," kata Randry dalam siaran persnya.

Kegiatan ini dihadiri ratusan perempuan dengan berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswi, ibu rumah tangga, guru, hingga pengemudi ojek online. Mereka datang dari berbagai wilayah di Cimahi.

Selain penyuluhan soal IVA, dalam kegiatan tersebut juga para peserta diberikan edukasi perihal penyebab timbulnya kanker serviks pada perempuan, serta gejala-gejala yang ada saat kanker mulai timbul di dinding rahim.

"Dengan diadakannya kegiatan ini oleh GMP ini, diharapkan menjadi sebuah alarm atau pengingat untuk kaum perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan, terkhusus tentang kanker serviks yang telah menjadi isu nasional," kata Randry.

Sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran mengadakan kegiatan penyuluhan dan konsultasi IVA untuk mencegah kanker serviks bagi perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close