Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Optimistis Mafia Tanah Hilang dan Konflik Lahan Berkurang, Ini Sebabnya

Kamis, 11 Mei 2023 – 14:44 WIB
Ganjar Optimistis Mafia Tanah Hilang dan Konflik Lahan Berkurang, Ini Sebabnya - JPNN.COM
Launching Surakarta Kota Lengkap yang dilakukan pada Rabu (10/5) siang itu, dihadiri Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto (tengah), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri), dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming (kanan). Foto: Dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan terus berupaya menuntaskan PTSL dari target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghilangkan mafia tanah dan konflik lahan maupun sengketa lahan yang kerap kali terjadi.

Hal itu diungkapkan saat Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta, melaunching Surakarta Kota Lengkap dan Penyerahan Sertifikat Aset Pemerintah di Balai Kota Surakarta.

Launching Surakarta Kota Lengkap yang dilakukan pada Rabu (10/5) siang itu, dihadiri Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

"Maka triggernya bisa dilakukan dengan sedikit memberikan effort untuk mengajak masyarakat, membantu mendata, sehingga PTSL bisa dilakukan," ucap Ganjar.

Ganjar optimistis dengan dijadikannya Kota Surakarta sebagai Kota Lengkap, daerah-daerah lain dapat mereplikasi program yang dijalankan Pemkot Surakarta.

Oleh karena itu, iklim investasi di Jawa Tengah bisa semakin membaik dan permasalahan konflik lahan di masyarakat bisa terselesaikan.

"Mudah-mudahan nanti makin manfaat karena seluruh akses pendataan terkait tanah menjadi sangat bisa mendapatkan manfaat, apa untuk kredit, untuk usaha, untuk investasi yang lebih besar lagi ya dan memastikan apa yang dimiliki benar atau legal ya," tutur Ganjar.

Adapun Kota Lengkap adalah daerah dengan sejumlah kriteria, seperti adanya pemetaan dari tingkar desa/kelurahan, kecamatan dan kota. Dari kriteria itu, Kota Lengkap juga harus terdaftar secara tekstual dan yuridis.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan terus berupaya menuntaskan PTSL dari target untuk menghilangkan mafia tanah dan konflik lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close