Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Tak Akan Menyetop Hilirisasi, Tawarkan Program SDM Unggul demi Industrialisasi

Senin, 04 Desember 2023 – 20:02 WIB
Ganjar Tak Akan Menyetop Hilirisasi, Tawarkan Program SDM Unggul demi Industrialisasi - JPNN.COM
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo dalam pertemuan dengan para tokoh agama dan pemuka masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) di Palu, Senin (4/12/2023). Foto: Tim Media Ganjar

jpnn.com, PALU - Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyatakan jika kelak terpilih menjadi Presiden RI tidak akan menghentikan program hilirisasi atau hasil sumber daya alam (SDA).

Kontestan bernomor urut 3 di Pilpres 2024 itu menyampaikan hal tersebut saat berpidato di hadapan ribuan warga yang memenuhi Sriti Convention Hall, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/12/2023).

Sulteng merupakan salah satu daerah penghasil nikel, hasil SDA yang kini menjadi buruan berbagai negara seiring melonjaknya bahan baku baterai.

"Kalau bicara Sulawesi Tengah, potensi sumber daya alamnya luar biasa. Nikel dan sumber daya mineral lainnya melimpah,” kata Ganjar.

Gubernur ke-15 Jawa Tengah itu menambahkan program hilirisasi yang sudah dilakukan harus dilanjutkan. Namun, Ganjar juga menginginkan hilirisasi itu meningkat menjadi industrialisasi.

“Negara sudah melakukan hilirisasi, maka kita harus melanjutkan dan meningkatkan sampai ke proses tertinggi, yakni industrialisasi," ucapnya.

Walakin, Ganjar juga menyinggung pentingnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di daerah yang kaya akan SDA. Menurut dia, potensi SDA yang besar akan bisa dikelola dengan baik oleh SDM unggul.

Oleh karena itu, hal yang harus disiapkan ialah kualitas SDM. “Jangan sampai eksploitasi sumber daya yang kita punya itu dilakukan oleh orang lain," katanya.

Ganjar Pranowo menyatakan jika kelak terpilih menjadi Presiden RI tidak akan menghentikan program hilirisasi atau hasil sumber daya alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close