Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Tegaskan Kabinet Adalah Prerogatif Presiden, Bukan Partai

Selasa, 13 Juni 2023 – 18:56 WIB
Ganjar Tegaskan Kabinet Adalah Prerogatif Presiden, Bukan Partai - JPNN.COM
Bakal capres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (2/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo merespons isu tentang kontrak politik jika dirinya terpilih menjadi presiden 2024.

Dari isu yang berkembang, Ganjar disebut telah meneken kontrak dengan PDIP apabila menang pilpres. Salah satunya tentang penunjukkan menteri di posisi strategis ditentukan PDIP.

Ganjar menegaskan pemilihan anggota kabinet atau menteri-menteri merupakan hak prerogratif dari presiden terpilih. Bukan ditentukan oleh partai tertentu.

“Kabinet ya ditentukan oleh Presiden, wong prerogatif kok,” kata Ganjar kepada wartawan, Selasa (13/6)

Melansir laman Komisiyudisial.go.id, dalam literatur hukum tata negara hak prerogatif presiden adalah kekuasaan istimewa yang dimiliki oleh seorang presiden tanpa dapat dicampuri oleh lembaga lainnya.

Salah satu contoh hak prerogatif presiden adalah mengangkat menteri tanpa campur tangan lembaga lain, termasuk partai.

Namun demikian, seseorang harus memenuhi syarat dan ketentuan untuk bisa diangkat menjadi menteri berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Sebelumnya politikus PSI Ade Armando menebar kabar yang menyebut Ganjar menandatangani kontrak politik dengan PDIP. Salah satu poin dalam kontrak itu konon berisi penyusunan kabinet.

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo memastikan penunjukan menteri-menteri dalam kabinet merupakan prerogatif seorang presiden, bukan partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close