Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Tegaskan Pemerintah Harus Berpihak pada Pelaku UMKM

Minggu, 24 September 2023 – 22:02 WIB
Ganjar Tegaskan Pemerintah Harus Berpihak pada Pelaku UMKM - JPNN.COM
Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo menjadi mentor pengusaha se-Banten di Remaja Kuring Resto, Kota Tangerang, Minggu (24/9). Foto: Tim media Ganjar Pranowo

jpnn.com, TANGERANG - Bakal capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengatakan pemerintah harus terlibat dan berpihak pada pengusaha UMKM.

Itu dikatakan Ganjar saat menjadi mentor pengusaha se-Banten di Remaja Kuring Resto, Kota Tangerang, Minggu (24/9).

"Rata-rata yang hadir ini pengusaha kecil. Tadi ide-idenya bagus. Beberapa persoalan disampaikan. Mulai dari permudah akses modal sampai adaptasi market yang memasuki era digital," ujarnya.

Ganjar menjelaskan pentingnya kehadiran pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM di tengah perdagangan online berbasis media sosial.

"Saya kira intervensi pemerintah ketika pasar rakyat kemudian agak berubah drastis seperti ini memang harus terlibat," tegasnya.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengatakan cara untuk membela para pengusaha lokal, yakni harus ada kepastian hukum yang mengatur, salah satunya berisi tentang kemudahan perizinan usaha.

"Kalau itu diatur, para pengusaha mendapat kemudahan izin dan penegakannya berjalan. Mereka akan senang dan menjalankan usahanya dengan nyaman," tuturnya.

Tak kalah penting, kata dia, pemerintah harus melakukan pembinaan bagi pelaku UMKM. Misalnya, peningkatan kualitas produk, pembukuan, packaging, hingga marketing yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Selain itu, melatih mereka untuk berkoperasi.

Bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo mengatakan pemerintah harus terlibat dan berpihak pada pengusaha UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close