Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gara-Gara Sapi, Pejabat Ini Masuk Bui

Kamis, 21 Januari 2016 – 05:42 WIB
Gara-Gara Sapi, Pejabat Ini Masuk Bui - JPNN.COM
Ilustrasi sapi/ dok Jawa Pos

jpnn.com - PUTUSSIBAU- Kejaksaan Negeri (Kejari) Putussibau menjebloskan Irwan, S.Sos, Kepala Bidang ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan) Dishubkominfo Kapuas Hulu ke Rumah Tahanan (Rutan) Putussibau.

Kepastian tindakan itu diambil setelah surat perintah pelaksanaan Putusan Pengadilan No 208/Q.1.16/Fu.1/12/2015 tanggal 21 Desember 2015, terbit, kemarin. 

Irwan dituduh melakukan tindak pidana korupsi pengadaan bibit sapi tahun 2008, ketika masih menjabat Kasi Kesejahteraan Pekerja pada Bidang Tenaga kerja, Dinsosnakertrans Kapuas Hulu. Dalam proses pengadaan bibit sapi, Irwan selaku panitia pengadaan barang dan jasa di Dinsosnakertrans, menjabat sebagai ketua dan merangkap anggota pejabat pengadaan.

Kasi Intel, Kejari Putusibau Acep Subhan Saepudin, SH mengungkapkan, kasus tersebut bermula pada 2008, Dinsosnakertrans Kapuas Hulu mengadakan proyek pengadaan bibit sapi, menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2008, dengan total pagu anggaran sebesar Rp 300
 juta

“Pengadaan sapi termuat dalam kontrak kerja, yaitu pengadaan untuk lokasi Boyan Tanjung sebanyak 10 ekor, pengadaan bibit sapi lokasi Suka Maju 10 ekor dan pengadaan bibit sapi untuk Hulu Gurung sebanyak 10 ekor,” kata Acep kepda Rakyat Kalbar (grup JPNN).

Dalam pelaksanaan pengadaan bibit sapi, telah terjadi mark up harga yang dilakukan oleh terdakwa. Berdasarkan analisa harga satuan perekor sapi seharga Rp 6 juta dan dikalikan 30 ekor, namun sapi yang dibeli oleh terdakwa per ekornya seharga Rp 4 juta.

Sesuai spesifikasi teknis pengadaan sapi bantuan sosial tahun anggaran 2008, jenis sapi dimaksud adalah sapi Bali, tetapi sapi yang dibeli adalah sapi campur (Rambon dan Bali). 

“Perbuatan terdakwa menyebabkan kerugian negara senilai Rp 75 juta,” terang pria yang akrab disapa Kang Acep ini.

PUTUSSIBAU- Kejaksaan Negeri (Kejari) Putussibau menjebloskan Irwan, S.Sos, Kepala Bidang ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan) Dishubkominfo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close