Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gayus Keluyuran Bukti SBY Hanya Jual Omongan

Otoritas Negara Dinilai Sudah Kalah

Senin, 10 Januari 2011 – 21:01 WIB
Gayus Keluyuran Bukti SBY Hanya Jual Omongan - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Keadilan Sejahtera, Anis Matta, menilai negara telah dikalahkan terdakwa mafia pajak, Gayus Halomoan Tambunan. Menurutnya, munculnya kasus Gayus mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat yang disertai pula dengan turunnya otoritas negara.

"Sekarang kita melihat negara kalah dengan Gayus. Ini berakibat buruknya kepercayaan masyarakat. Bukan hanya turun kepercayaan kepada pemerintah tapi otoritas negara sendiri. Ada orang yang punya otoritas tapi tak bisa dipakai karena kapasitas rendah tidak pertcaya pada negara keseluruhan ," kata Anis Matta di sela-sela Sidang Paripurna Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/1).

Anis yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS itu mengatakan, kasus Gayus setidaknya menjadi ujian berat bagi Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ujian dalam kasus Gayus, sebut Anis, yang pertama adalah terkait dengan keinginan pemerintah dalam penegakan hukum. Sedangkan ujian kedua terkait kapasitas negara.

Apakah akan terjadi "gempa politik" bila Pemerintahan SBY tidak lulus dari ujian ini? Anis tidak ingin menerka-nerka.  "Tapi kalau tidak diusut tuntas, maka masyarakat sudah sampai melihat hasil akhir bahwa tuduhan backing politik dan pengusaha besar di balik itu (kasus Gayus) benar," katanya.

JAKARTA - Wakil Ketua DPR dari Partai Keadilan Sejahtera, Anis Matta, menilai negara telah dikalahkan terdakwa mafia pajak, Gayus Halomoan Tambunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA