Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

GLB Lakukan Ekspor Kopi Arabika Perdana ke Arab Saudi

Minggu, 19 September 2021 – 01:44 WIB
GLB Lakukan Ekspor Kopi Arabika Perdana ke Arab Saudi - JPNN.COM
Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) Kabupaten Subang melakukan ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi arabika ke negara Arab Saudi. Foto dok LPEI

jpnn.com, SUBANG - Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) Kabupaten Subang melakukan ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi arabika ke negara Arab Saudi.

Keberhasilan ini merupakan hasil kolaborasi intensif yang dilakukan oleh LPEI, Pemerintah Kabupaten Subang dan Koperasi GLB.

Koperasi GLB yang merupakan Desa Devisa ke-3 binaan LPEI, secara keseluruhan akan melakukan pengiriman sejumlah 150 ton, yang dilakukan secara bertahap.

Pengiriman pertama dilaksanakan pada 19 September 2021 sebanyak 1 kontainer setara 18 ton dengan nilai ekspor USD148.320 atau setara Rp2,1 Miliar.

“Kami sangat bahagia karena karena pada akhirnya kami berhasil melakukan ekspor perdana ke Arab Saudi. Berkat pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh LPEI dan tentunya kerja keras para petani, kami dapat memenuhi permintaan dari Arab Saudi,” ujar Ketua Koperasi GLB Miftahudin Shaf.

Ekspor perdana Desa Devisa Subang ini berhasil dilakukan setelah sejumlah pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh LPEI.

Peningkatan kapasitas petani yang mampu meningkatkan kualitas biji kopi diberikan kepada 208 petani di enam desa yaitu Cisalak, Nagrak, Cupunagara, Darmaga, Sukakerti dan Pesanggrahan dengan kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 ton biji kopi setiap tahun diatas kebun seluas 140 hektar.

“Sejak awal kami optimis dengan potensi Subang dengan komoditas kopinya dikombinasikan dengan pelatihan yang kami berikan kepada para petani. Dengan kerja sama yang baik, Desa Devisa Subang tentu akan dapat melakukan ekspor secara berkelanjutan dan berkontribusi bagi pendapatan negara,” ucap Direktur Eksekutif LPEI, D. James Rompas.

Koperasi Gunung Luhur Berkah (GLB) Kabupaten Subang melakukan ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi arabika ke negara Arab Saudi.


BERITA LAINNYA