Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Geger! Anwar Ibrahim Perintahkan Pandora Papers Diusut, Tokoh Besar Malaysia Dibidik

Selasa, 21 Februari 2023 – 22:14 WIB
Geger! Anwar Ibrahim Perintahkan Pandora Papers Diusut, Tokoh Besar Malaysia Dibidik - JPNN.COM
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Foto: Reuters

jpnn.com, PUTRAJAYA - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menginstruksikan badan terkait untuk melanjutkan penyelidikan menyeluruh terhadap Pandora Papers yang mempublikasikan dugaan keterlibatan sejumlah tokoh di negara itu dalam menyalahgunakan kekuasaan guna memperkaya diri.

"Instruksi saya kepada badan-badan ini ialah untuk meneruskan penyelidikan menyeluruh dan saya mohon Yang Terhormat dan rekan anggota parlemen (sebanyak) 222 orang ini mengambil sikap yang tegas, jangan melindungi dan setelah ada penyelidikan terus membantah niat tersebut," kata Anwar dalam rapat dengar pendapat di Gedung Dewan Rakyat diikuti secara daring di Kuala Lumpur, Selasa.

Ia meminta jika ada bukti, ada fakta, maka harus ada tindakan yang diambil. Namun, jika tindakan diambil tanpa fakta maka itu boleh dianggap sebagai penyalahgunaan kuasa ataupun hanya motif politik.

"Tapi kalau uang miliaran atau ratus juta ringgit dikeluarkan (lalu) dilindungi karena dia menyokong kita, itu akan membawa kehancuran dan malapetaka ke negara kita," tegas Anwar.

Ia mengatakan ada 3.000 nama yang disebutkan dalam Pandora Papers, tetapi penyelidikan yang melibatkan Polisi Kerajaan Malaysia (PDRM), Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) dan Lembaga Hasil Dalam Negeri (IRB) fokus pada tokoh-tokoh besar di Malaysia, termasuk mantan perdana menteri dan mantan menteri keuangan yang diduga telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya diri saat menjabat.

Menurut dia, badan-badan yang sedang melakukan penyelidikan saat ini tentu memerlukan langkah-langkah yang lebih canggih umpamanya berkaitan dengan keamanan siber guna mengantisipasi berlakunya upaya menghindari transaksi tunai dengan bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Anwar mengatakan sudah menerima laporan tindakan dan upaya untuk mengidentifikasi dugaan penyalahgunaan jabatan tersebut, bahkan sudah ada yang dipanggil oleh badan-badan terkait rekening-rekening berisi uang ratusan juta ringgit yang disimpan di luar negeri. Semua sedang diselidiki.

Anwar menyebut jumlah uang yang terkait dengan Pandora Papers dari Malaysia cukup tinggi nilainya jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dan peringkat ekonomi negara, meski jumlah yang lebih tinggi ada dari negara-negara besar seperti China dan Arab Saudi.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim memerintahkan pengusutan terhadap skandal pencucian uang Pandora Papers

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close