Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Bimtek Tanggap Darurat Limbah B3, KLHK Berharap Masyarakat Peduli Lingkungan

Rabu, 12 Juni 2024 – 15:07 WIB
Gelar Bimtek Tanggap Darurat Limbah B3, KLHK Berharap Masyarakat Peduli Lingkungan - JPNN.COM
Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan (KLHK) menggelar bimbingan teknis dan tanggap darurat limbah di Hotel Mercure Bandung City Center, Jawa Barat. Foto: KLHK

jpnn.com, BANDUNG - Direktorat Pemulihan Lahan Terkontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 (PLTTDLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan (KLHK) menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pemulihan terkontaminasi dan tanggap darurat limbah di Hotel Mercure Bandung City Center, Jawa Barat.

Direktur Jenderal PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan karena bisa memberikan pemahanan dan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan hidup, khususnya limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

"Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan memiliki kompetensi serta kemampuan untuk melaksanakan pemulihan lahan terkontaminasi dan tanggap darurat limbah B3 secara cepat dan tepat," ungkap Rosa Vivien dalam siaran persnya, Rabu (12/6).

Dia menambahkan pihaknya berkomitmen menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kegiatan industri yang berdampak pada kondisi lingkungan.

Terutama, fokus pada tantangan pengelolaan limbah B3 di berbagai industri.

Menurut dia, limbah B3 yang tidak dikelola dengan baik berpotensi menimbulkan kontaminasi pada lingkungan.

"Kecelakaan dalam proses produksi atau pengangkutan dari pelaku pengelolaan Limbah B3 yang tidak bertanggung jawab merupakan beberapa hal yang menjadi tantangan dalam pengelolaan limbah B3," ungkapnya.

Selain edukasi lingkungan, kegiatan itu juga menggelar Coaching Clinic yang komprehensif seperti pemulihan lahan terkontaminasi LB3 institusi, penanggulangan kedaruratan dan penetapan fasilitas pengelolaan limbah B3, dan
Training of Trainers (ToT) Penyusunan Dokumen Kedaruratan untuk Pemerintah Daera.h

Kementerian Lingkungan Hidup dan Lingkungan (KLHK) menggelar bimbingan teknis tanggap darurat limbah di Hotel Mercure Bandung City Center, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close