Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Rakornas, BPIP Dukung Pembentukan Paskibraka yang Lebih Terstandar dan Transparan

Sabtu, 11 Februari 2023 – 00:35 WIB
Gelar Rakornas, BPIP Dukung Pembentukan Paskibraka yang Lebih Terstandar dan Transparan - JPNN.COM
BPIP menggelar Rakornas Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di The Tribrata, Jakarta, Jumat (10/2). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di The Tribrata, Jakarta, Jumat (10/2).

Rakornas yang dibuka Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi itu bertujuan mendukung pembentukan Paskibraka di seluruh Indonesia yang lebih terstandar dan transparan dengan aplikasi berbasis teknologi.

Prof Yudian menyampaikan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 memberikan landasan bahwa Program Paskibraka sebagai kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

Gelar Rakornas, BPIP Dukung Pembentukan Paskibraka yang Lebih Terstandar dan Transparan

Rakornas yang diselenggarakan BPIP akan membahas program pembentukan Paskibraka. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

"Untuk menjamin kelangsungan bangsa dan negara diperlukan upaya dari setiap komponen bangsa untuk bisa menyiapkan kader pemimpin yang akan melanjutkan perjuangan bangsa," kata Prof Yudian Wahyudi.

Pasal 4 Perpres 51/2022 menyebutkan pembentukan Paskibraka, mulai dari rekrutmen dan seleksi, pemusatan Diklat Paskibraka hingga pengukuhan paskibraka.

Kemudian pelaksanaan tugas Paskibraka, yaitu pada Peringatan HUT RI 17 Agustus, Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dan penugasan lainnya yang diberikan pemerintah.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya menambahkan Program Paskibraka merupakan kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi resmi membuka rakornas program Paskibraka yang berlangsung di Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close