Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini, Waspadalah

Senin, 31 Oktober 2022 – 10:04 WIB
Gelombang Tinggi Mencapai 4 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini, Waspadalah - JPNN.COM
BMKG menyampaikan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami gelombang tinggi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga empat meter di wilayah pesisir pantai.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo meminta penduduk yang tinggal dan beraktivitas di kawasan pesisir dan sekitarnya untuk waspada.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Eko dikonfirmasi di Jakarta, Senin (31/10).

Dia menjelaskan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Sementara itu, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna dan perairan selatan Banten - Jawa Barat," bebernya.

Kondisi itu menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi antara 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue - Kep. Nias.

Lalu, di perairan Kep. Anambas, perairan selatan Kep. Natuna, perairan P. Sawu - Rote, Laut Sawu, perairan selatan Flores, Selat Ombai, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, perairan Kep. Talaud.

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang laut setinggi 4 meter yang berpotensi melanda wilayah pesisir ini. Nelayan dan warga waspadalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close