Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, Gelombang Tinggi 4 Meter Berpotensi Terjadi di Laut Selatan Jabar-DIY

Jumat, 11 Oktober 2024 – 09:52 WIB
Waspada, Gelombang Tinggi 4 Meter Berpotensi Terjadi di Laut Selatan Jabar-DIY - JPNN.COM
BMKG memprediksi akan terjadi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat-DIY. Ilustrasi gelombang/tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar-DIY).

Mereka pun mengimbau seluruh nelayan atau pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai terjadinya gelombang tersebut.

"Berdasarkan analisis permodelan gelombang, tinggi gelombang di Samudra Hindia selatan Jabar, Samudra Hindia selatan Jateng, dan Samudra Hindia selatan DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/10).

Dia mengatakan peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah selatan Indonesia yang secara umum bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 8-25 knot.

Dalam hal ini, kata dia, hembusan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi dapat memicu peningkatan tinggi gelombang laut.

"Kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi khususnya di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY yang berlaku mulai hari Jumat (11/10) hingga Sabtu (12/10), pukul 07.00 WIB, dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Meskipun gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi di wilayah Samudra Hindia, dia mengimbau wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jabar hingga DIY untuk tidak berenang atau mandi.

Menurut dia, imbauan tersebut perlu diperhatikan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi peningkatan tinggi gelombang di wilayah pantai meskipun secara umum tinggi gelombang di perairan selatan Jabar hingga DIY diprakirakan berkisar 1,25-2,5 meter yang masuk kategori sedang.

BMKG memprediksi akan terjadi gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat-DIY. Simak selengkapnya di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA