Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gema JAMIM Nilai Jenderal Marinir Ini Layak Jadi Menteri Kelautan

Rabu, 16 Desember 2020 – 23:27 WIB
Gema JAMIM Nilai Jenderal Marinir Ini Layak Jadi Menteri Kelautan - JPNN.COM
Ilustrasi. Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Foto: IST

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Gerakan Masyarakat Jokowi-Ma’ruf Amin (Gema JAMIM) merekomendasikan nama yang pas untuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) di kabinet Indonesia Maju.

Gema JAMIM pun menyebut nama Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Marinir (purn) Nono Sampono yang dinilai layak menjadi Menteri KP.

Ketua Gema JAMIM Yusherman pun menjelaskan, setidaknya terdapat lima kriteria yang perlu dimiliki seseorang sebelum menjabat Menteri KP.

Misalnya, harus memahami semangat dan cita-cita Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai raksasa poros maritim dunia.

Kemudian, tokoh tersebut wajib memiliki pengetahuan yang luas terkait dunia kemaritiman Indonesia. Selanjutnya memiliki wawasan yang luas terkait geopolitik dan geostrategi kawasan.

Pasalnya, Indonesia akan diperhadapkan pada tantangan dari kekuatan luar yang juga berdampak pada wilayah laut Indonesia.

"Keempat Harus memiliki latar belakang akademis yang relevan dengan bidang kerja kelautan dan perikanan," ujar Yusherman dalam keterangan resminya kepada awak media, Rabu (16/12).

Syarat selanjutnya, tokoh yang hendak menjabat Menteri KP wajib memiliki integritas dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diemban.

Sejumlah tokoh masuk bursa calon menteri kelautan dan perikanan pengganti Edhy Prabowo, salah satunya jenderal marinir satu ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close