Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gempa Menggoyang Selatan Pulau Buru, Ambon pun Bergetar

Selasa, 09 Juni 2020 – 13:24 WIB
Gempa Menggoyang Selatan Pulau Buru, Ambon pun Bergetar - JPNN.COM
Peta analisis BMKG terkait gempa magnitudo 6,0 di Pulau Buru, Maluku pada Selasa (9/6). Foto: ANTARA/HO.BMKG

jpnn.com, AMBON - Gempa bermagnitudo 6,0 mengguncangkan Laut Banda, tepatnya di selatan Pulau Buru, Maluku, Selasa pukul 11.56 WIB.

Gempa tersebut terasa hingga ke Ambon pada skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Getaran gempa dirasakan di beberapa daerah. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Getaran pada skala III-IV MMI atau bila siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah di daerah Namrole, di Piru pada skala III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu serta pada skala II-III MMI di Namlea.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi yang merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal itu tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa yang diperbarui kekuatannya menjadi magnitudo 5,8 itu memiliki mekanisme pergerakan geser (strike slip).

Berdasarkan hasil analisis BMKG juga tercatat episenter gempa terletak pada koordinat 4,14 LS dan 126,43 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km arah Selatan Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Maluku pada kedalaman 20 km.

Terkait kejadian gempa tersebut masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa yang membuat Ambon ikut bergetar itu merupakan lindu dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close