Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerakan Indonesia Beradab Tolak Rencana Besar Komunitas LGBTQIA Se-ASEAN

Selasa, 11 Juli 2023 – 18:37 WIB
Gerakan Indonesia Beradab Tolak Rencana Besar Komunitas LGBTQIA Se-ASEAN - JPNN.COM
Gerakan Indonesia Beradab menolak rencana komunitas LGBTQIA se-ASEAN yang akan menggelar kumpul bareng di Jakarta pada 17-21 Juli 2023. Ilustrasi tolak pasangan sejenis atau LGBT. Foto: Dok ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Indonesia Beradab menolak rencana komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender, queer, questioning, intersex, or asexual (LGBTQIA) se-ASEAN yang akan menggelar kumpul bareng di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Ketua Presidium Gerakan Indonesia Beradab Bagus Riyono mengatakan mereka secara terbuka dan tegas menolak sepenuhnya rencana tersebut.

“Kami menolak sepenuhnya rencana tersebut baik sebagian atau seluruhnya, diselenggarakan secara terbuka atau tertutup, termasuk segala aktivitas yang semakna serta setujuan dengannya,” ucap Bagus dalam keterangannya, Selasa (11/7).

Menurut dia, aktivitas tersebut dinilai melanggar hak dan martabat yang asasi, yaitu hak atas kelestarian manusia dan peradaban kemanusiaan.

“Sehingga bertentangan secara diametral dengan sila pertama pancasila yang berbunyi ‘Ketuhanan yang maha Esa’ dan sila kedua ‘Kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata dia.

Bagus bahkan mengutip Al-Quran Surah Al-Hujurat Ayat 13 yang berbunyi “Sesungguhnya Allah Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan perempuan”.

“Oleh karenanya, segala aktivitas, baik individual maupun kolektif, sporadis maupun terorganisir, yang bertentangan dengannya adalah perbuatan melanggar hukum,“ tuturnya.

Adapun, acara tersebut diorganisasi oleh ASEAN SOGIE Caucus, yakni organisasi di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama Arus Pelangi dan Forum Asia.

Gerakan Indonesia Beradab menolak rencana komunitas LGBTQIA se-ASEAN yang akan menggelar kumpul bareng di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close