Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerakan Menanam Pisang, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Menggandeng OJK

Rabu, 11 Oktober 2023 – 10:26 WIB
Gerakan Menanam Pisang, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Menggandeng OJK - JPNN.COM
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. Foto: dok.Humas Pemprov Sulsel

jpnn.com - MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin beberapa waktu lalu meluncurkan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP).

Gerakan Gemar Menanam Pisang merupakan program budidaya yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dan menjaga ketahanan pangan di Sulsel.

Bahtiar menargetkan satu miliar pohon pisang bisa ditanam di Sulsel, dengan luas lahan yang dibutuhkan 500 ribu hektare.

Satu hektare lahan bisa ditanami dua ribu pohon pisang. Jika dikalkulasi, kata Bahtiar, 2.000 pohon per hektare, sama dengan 2.000 tandan pisang. Jika dikalikan Rp100.000, akan menghasilkan Rp200 juta per hektare.

Terkait program tersebut, Pemprov Sulsel menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membangun ekosistem bisnis budidaya pisang.

Sebagai langkah awal, Pemprov Sulsel menggelar Forum Diskusi yang menghadirkan Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muhammad Arsjad, Kepala OJK Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) Darwisman, Praktisi Budidaya Pisang Rio Airlangga serta pelaku usaha budidaya pisang Welly Soegiono di Taman Inninawa Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, di Makassar, Senin (9/10) malam.

Sebelumnya, Bahtiar telah melakukan penanaman bibit pisang cavendish di atas lahan 15 hektare berlokasi di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar beserta stakeholder rencananya akan meninjau lokasi penanaman bibit pisang cavendish untuk melihat perkembangan program budidaya pisang ini.

Budidaya pisang: Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin lalu meluncurkan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP) di lahan 500 ribu hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close