Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerakan Padat Karya, Terobosan Syahrul Yasin Limpo Memperkuat Perekonomian

Jumat, 05 Maret 2021 – 14:21 WIB
Gerakan Padat Karya, Terobosan Syahrul Yasin Limpo Memperkuat Perekonomian - JPNN.COM
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, KARANGANYAR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) terus melakukan penguatan eksistensi sektor pertanian di masa pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

Terobosan nyata Mentan SYL adalah melakukan Gerakan Padat Karya di kawasan integrated farming berbasis korporasi, salah satunya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Syahrul mengatakan Gerakan Padat Karya ini untuk meningkatkan partisipasi dan meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Gerakan ini meliputi pengendalian wereng batang cokelat, pemeliharaan saluran air serta penanaman jeruk dan kelapa bersama kelompok tani," kata Syahrul.

Hal itu diungkap Syahrul saat acara Gerakan Padat Karya Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Penanganan Dampak Perubahan Iklim dan Tanam Jeruk dan Kelapa dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Desa Kaling, Kecamatan Tasik Madu, Karanganyar, Jateng, Jumat (5/3).

Menurut Syahrul, Gerakan Padat Karya merupakan salah satu langkah nyata yang diimplementasikan Kementerian Pertanian (Kementan), dengan melibatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan produksi atau menjamin ketersediaan kebutuhan pangan.

Dengan demikian, Syahrul berharap tantangan yang dihadapi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dapat teratasi, karena pemerintah melibatkan rakyat dalam kegiatan pembangunan pertanian. 

"Bapak Presiden Jokowi selalu memerintahkan kepada menterinya untuk selalu turun ke masyarakat melakukan percepatan pembangunan," katanya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa Presiden Jokowi selalu memerintahkan kepada para menterinya untuk selalu turun ke masyarakat melakukan percepatan pembangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close