Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerindra-PAN Hampir Pasti

Selasa, 11 April 2017 – 07:58 WIB
Gerindra-PAN Hampir Pasti - JPNN.COM
Calon Gubernur NTT, Esthon Foenay bertemu Wakil Ketua Umum DPP PAN, Hanafi Rais di Rumah PAN NTT di Jalan Timor Raya, Kota Kupang, Sabtu (8/4). FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay-Chris Rotok berpeluang besar menggaet PAN untuk berkoalisi dalam Pilgub NTT tahun depan. Sabtu (8/4) malam, Esthon Foenay bertemu Wakil Ketua Umum DPP PAN, Hanafi Rais di Rumah PAN NTT di Jalan Timor Raya, Kota Kupang.

Bahkan, Hanafi yang juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini memberikan lampu hijau untuk paslon dari Partai Gerindra ini. “DPP tinggal tunggu saja dari DPW. Kita menunggu laporan dari Ketua DPW, Pak Awang,” kata Hanafi.

Menurutnya, laporan dari DPW tentu didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam laporan tersebut tentu disampaikan usulan-usulan dari seluruh kader PAN di NTT. Dengan berdasarkan laporan DPW tersebut, DPP PAN akan mengkaji dan kemudian menerbitkan surat keputusan.

Pertimbangan DPP juga didasarkan pada sejumlah indikator seperti kapabilitas dan elektabilitas. Oleh karena itu, PAN juga akan melihat survei dari para kandidat yang diusulkan.

Selain itu, calon juga harus punya komitmen yang kuat terhadap empat pilar kebangsaan yang selama ini terus disosialisasikan Ketua MPR RI yang juga Umum PAN, Zulkifli Hasan. Harapannya ini menjadi komitmen politik kebangsaan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Lebih lanjut, menurut Hanafi, PAN memang memprioritaskan kadernya. Namun, jika tidak ada kader yang bisa bertarung, maka PAN terbuka untuk kader-kader partai lain. Oleh karena itu, perlu menunjukkan komitmen yang kuat terhadap empat pilar kebangsaan.

Sementara untuk pasangan Esthon-Chris yang mendekat ke PAN, Hanafi memberi apresiasi kepada pasangan ini. Pasalnya, ini adalah kandidat yang pertama yang mengetuk pintu PAN. “Kami beri apresiasi setinggi-tingginya kepada beliau,” kata Hanafi.

Oleh karena itu, PAN akan terus berkomunikasi untuk melihat tren elektabilitas dan kans dalam pilgub nanti. Salah satu yang didiskusikan bersama Esthon Foenay adalah survei.

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay-Chris Rotok berpeluang besar menggaet PAN untuk berkoalisi dalam Pilgub NTT tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close