Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gerindra Punya Andil Besar Bikin Anies Baswedan Terlalu Lama Sendiri

Kamis, 19 Desember 2019 – 22:05 WIB
Gerindra Punya Andil Besar Bikin Anies Baswedan Terlalu Lama Sendiri - JPNN.COM
Diskusi bertajuk Mencari Pendamping Anies, “Mungkinkah Cawagub Alternatif?" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/12). Foto: Fathan Sinaga

jpnn.com, JAKARTA - Kesendirian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tanpa wakilnya membuat sejumlah kebijakan di ibu kota tak menyentuh persoalan.

Banyak analisis menyebut Anies merupakan gubernur yang hanya bisa retorika, tetapi tidak bisa menyelesaikan masalah.

Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro mengingatkan sebenarnya Gerindra punya andil besar dalam menentukan wakil gubernur DKI Jakarta. Dia melihat Gerindra ngotot untuk mendorong kadernya berada di samping Anies.

"Ini sudah ranah politik. Ada masalah yang tidak tuntas selesai antara kedua partai pengusung," kata Siti dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Kamis (19/12).

Selain Gerindra, diketahui partai pengusung Anies di Pilgub 2017 adalah PKS. PKS sendiri sudah mengusulkan dua nama sebagai wagub DKI setelah Sandiaga Uno maju pada Pilpres 2019.

Siti menilai ada keinginan dari Gerindra untuk tetap mendapat representasi di kursi pemerintahan ibu kota. Sebab, jika kursi wagub diberikan pada PKS, Gerindra tidak akan memiliki perwakilan.

"Anies kan independen. Sementara jika wagub dari PKS, Gerindra tidak ada representasinya. Inilah yang dipertanyakan oleh mereka mungkin," tuturnya.

Siti menegaskan harus ada pertemuan yang menjembatani masing-masing kepentingan dua parpol tersebut. Sebab, jika tidak selesai, Anies terancam sendirian memimpin Jakarta hingga selesai masa jabatannya.

Kesendirian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tanpa wakilnya membuat sejumlah kebijakan di ibu kota tak menyentuh persoalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close