Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gibran Sebut Nama Yenny Wahid, Ada Isyarat Kuat dari Jokowi?

Selasa, 22 Agustus 2023 – 15:06 WIB
Gibran Sebut Nama Yenny Wahid, Ada Isyarat Kuat dari Jokowi? - JPNN.COM
Yenny Wahid. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menyebut Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid sebagai bakal cawapres terkuat untuk Pilpres 2024 memiliki makna dalam.

Menurut Ujang, pernyataan Gibran itu menandakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan putri K.H. Abdurrahman Wahid tersebut menjadi cawapres.

"Bisa saja dimaknai sebagai sinyal kuat dari Jokowi bahwa Yenny Wahid bisa menjadi salah satu kandidat cawapres yang diinginkan Jokowi untuk berlaga pada Pilpres 2024," kata Ujang kepada awak media, Selasa (22/8).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menambahkan Jokowi tentu mempertimbangkan sosok Yenny yang bisa membawa kemenangan bagi figur capres tertentu.

"Mungkin menurut Pak Jokowi berpasangan dengan Yenny Wahid bisa mendongkrak elektabilitas dan salah satu figur perempuan yang diperhitungkan di Pilpres 2024," ujarnya.

Selain itu, Ujang menganggap Gibran menyadari kemampuan Yenny Wahid untuk memimpin bangsa.

Dosen Universitas Al-Azhar Jakarta itu menyebut Gibran menganggap Yenny berpengalaman di politik, sangat berpengaruh, representasi Nahdlatul Ulama, dan tokoh perempuan.

"Mungkin Gibran sadar kalau dia terhambat dengan faktor umur mengacu konstitusi, makanya mendorong Yenny Wahid yang dianggap lebih layak dan punya pengalaman serta faktor-faktor lainnya," tutur Ujang.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Jokowi tentu mempertimbangkan sosok Yenny Wahid yang bisa membawa kemenangan bagi figur capres tertentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close