Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Golkar Terancam Jika Dipimpin Ical

Rabu, 12 Agustus 2009 – 20:17 WIB
Golkar Terancam Jika Dipimpin Ical - JPNN.COM
JAKARTA - Peneliti senior Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Enceng Sobirin dan Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang sependapat, bahwa sejak berdiri hingga kini Partai Golongan Karya (Golkar) tetap konsisten sebagai partai pragmatis dan saat ini tengah berproses menjadi partai gurem.

"Zaman boleh berubah, demokrasi boleh membaik, tapi Golkar tetap konsisten dengan karakternya yakni pragmatis transaksional dalam panggung politik bangsa," kata Encenng Sobirin, usai jadi pembicara dalam dialog kenegaraan di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Jakarta, Rabu (12/8).

Karena konsisten dengan sikapnya pragmatis transaksionalnya itu, lanjut Enceng, wajar kondisi riil partai Gokkar saat sesungguhnya sangat rapuh. Terlihat kokoh di tingkat elit, tapi kakinya sangat rapuh. "Jika Golkar terus mempertahankan warisan sikap pragmatis itu, saya yakin partai Golkar segera menjadi partai gurem usai Pemilu 2014 mendatang."

Menjawab pertanyaan tentang suksesi Ketua Umum Golkar melalui Musyawarah Nasional yang digelar Oktober 2009 mendatang seiring dengan menguatnya nama Aburizal Bakrie (Ical) sebagai kandidat ketum, peneliti politik LP3ES itu menilai jika benar Aburizal Bakrie terpilih jadi ketum, maka ini sebuah ancaman baru bagi Golkar.

JAKARTA - Peneliti senior Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Enceng Sobirin dan Ketua Forum Masyarakat Peduli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA